5 Universitas Tertua di Dunia

By | 12:54 PM Leave a Comment
Berikut adalah 5 universitas tertua di dunia yang masih digunakan dan beroperasi hingga sekarang :

Universitas Salamanca

Didirikan pada tahun 1218 di Salamanca, Spanyol

Universitas Salamanca  adalah lembaga pendidikan tinggi Spanyol yang terletak di kota Salamanca, Madrid barat dalam komunitas otonomi Castilla dan Leon. Universitas tersebut didirikan pada tahun 1134 dan memperoleh penghargaan Royal Foundation dari
Raja Alfonso IX pada tahun 1218. Itu adalah universitas tertua yang didirikan di Spanyol dan merupakan universitas tertua ketiga di Eropa yang masih beroperasi hingga saat ini, juga merupakan institusi Eropa pertama yang menerima gelar “Universitas”, gelar itu diberikan oleh Raja Alfonso X pada tahun 1254 dan diakui Paus Alexander pada tahun 1255.




Universitas Cambridge

Universitas Cambridge

Didirikan pada tahun 1209 di Cambridge, Inggris

Didirikan oleh sarjana yang meninggalakan Oxford setelah terjadi sebuah perselisihan yang disebabkan karena penghukuman dua sarjana lainnya pada tahun 1209, dan sebuah Penghargaan kerajaan diberikan pada tahun 1231. Universitas tersebut memilih tahun 1209 sebagai hari ulang tahun resminya.




Universitas Oxford


Universitas Oxford 
Didirikan pada tahun 1167 di Oxford, Inggris

Diklaim sebagai universitas tertua di dunia, namun tidak ada tanggal yang jelas mengenai pendirian Universitas Oxford, tetapi dari kegiatan pembelajaran yang pernah ada di Oxford dimulai pada tahun 1096 dan berkembang pesat dari tahun 1167 ketika pangeran Henry II melarang para pelajar Inggris hadir di Universitas Paris.”. pembelajaran sempat ditunda pada tahun 1209 (karena terjadi konflik akibat eksekusi terhadap dua orang mahasiswa) dan pada tahun 1355 (karena terjadi kerusuhan St. Scholastica) dan terus berlanjut selama perang sipil Inggris pada tahun 1642-1651.





Universitas Paris

Universitas Paris
Gambar Sorbonne lama yang terbakar pada tahun 1670

Didirikan pada pertengahan abad ke-12 dan secara resmi diakui sebagai universitas kemungkinan antara tahun 1160 dan 1170. Setelah terjadi banyak perubahan, universitas tersebut berhenti pada tahun 1970 dan University of Paris I–XIII kemudian didirikan dari situ. Universitas tersebut sering dikaitkan sebagai Sorbonne atau La Sorbonne setelah lembaga perguruan tinggi (College de Sorbonne) tersebut didirikan sekitar tahun 1257 oleh Robert de Sorbon. Pada kenyataannya, universitas itu ternyata usianya lebih tua dan tidak pernah berpusat pada Sorbonne.




Universitas Bologna


Universitas Bologna
Didirikan pada tahun 1088 di Bologna, Italia

Dari institusi inilah kata “Universitas” pertama kali dibuat, salah satu perguruan tinggi tertua di dunia yang masih beroperasi hingga saat ini.

Universitas Bologna adalah sebuah universitas yang berlokasi di Bologna, Italia, didirikan pada tahun 1088. Pada tahun 2000 universitas tersebut memiliki motto Alma Mater Studorium  atau dalam bahasa inggris “nourishing mother of studies”. Perguruan tinggi ini memiliki sekitar 100.000 siswa dalam 23 sekolah yang ada dan memiliki pusat cabang di Imola, ravenna, Forli, Casena danrimini dan pusat cabang luar negeri di Buenos Aires. Selain itu, universitas tersebut juga memiliki satu sekolah unggulan bernama Collegio Superiore di Bologna.





Newer Post Older Post Home

0 comments: