Apa Itu MEME ?

By | 11:43 PM 4 comments



Meme artinya adalah sebuah ide, perilaku, atau gaya dari seseorang.

Sebuah meme berfungsi sebagai sesuatu yang membawa nilai kultur, simbolik, maupun praktek yang menyebar dari pemikiran seseorang melalui tulisan, lisan, gerakan, kebiasaan, maupun fenomena imitasi lainnya. Kata 'meme' sendiri berasal dari kata 'mimeme', berasal dari bahasa Yunani, yang berarti “sesuatu yang ditiru”.

Sedangkan internet meme adalah perkembangan dari istilah meme itu sendiri. Seringkali diartikan sebagai sebuah ‘mimikri’ ( ide, gambar, catchphrase dan video viral ) dari seseorang oleh orang lainnya melalui internet. Contohnya adalah video Harlem Shake, yang sempat menjadi sangat viral dimana banyak pengguna internet membuat dan meng-upload video Harlem Shake-nya masing-masing.

Internet meme yang paling umum adalah berbentuk gambar, hyperlinkvideo, foto, website, maupun hashtag. Kemunculan sebuah meme biasanya diambil dari kejadian menarik, ucapan yang lucu, khas, bahkan kesalahan pengejaan. Penyebarannya pun melalui berbagai macam media, seperti social network, blog, milis, bahkan news platform.

Newer Post Older Post Home

4 comments:

  1. Wah, saya malah baru tahu dari blog ini gan.
    Setahu saya meme itu kan karakter yang dibuat untuk lucu-lucu dan ada juga yang dibuat hingga menjadi komik gan.
    Makasih ya artikelnya,
    jika berkenan sobat dapat mengunjungi blog saya http://puloblog.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. Thanks Gan informasinya berguna banget. Baru tau Saya arti Meme yang sebenarnya :D
    Jangan lupa Kunbal :D
    http://agan-aqshal.blogspot.com

    ReplyDelete