ACEH negeri sejuta WARUNG KOPI

By | 11:34 AM Leave a Comment




Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi yang dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk.
Kata kopi sendiri awalnya berasal dari bahasa Arab: قهوة‎ qahwah yang berarti kekuatan, karena pada awalnya kopi digunakan sebagai makanan berenergi tinggi.

Dalam Bahasa Aceh kopi dinamakan "Kupi"
Di telisik dari jenis penganan kecil yang manis tersaji bersama kupi dan duduk berbincang lama maka merujuk pada kebiasaan indocina, mengingat hubungan lawas Aceh dan Turki tidak dapat diabaikan juga mengenai kebiasaan Turki yang menikmati Kupi di warung.

Lagi Saring Kupi

Dalam hal perkebunan kupi maka belanda yang pertama membuka perkebunan kupi maka Belanda yang pertama membuka perkebunan kupi di Aceh Tengah pada Abad ke-19 dan Belanda pernah menghimbau masyarakat Aceh untuk sering mengkonsumsi kupi sebagai pertahanan tubuh menghadapi wabah penyakit.

Warung Kopi Dhapu Kupi


Kegemaran masyarakat Aceh menyesap kupi tanpa batas batasan waktu mungkin sekali dipengaruhi oleh bahasa tersebut, 

Warung Kopi Solong Coffee

Kebiasaan terhadap kupi menyebabkan tumbuhnya tempat-tempat di sepanjang jalan dan seputaran kota di seluruh Aceh untuk menikmati kopi atau disebut warung kopi dan dalam bahasa Aceh "Keude Kupi", Sehingga Aceh pun dijuluki dengan "ACEH SEJUTA WARUNG KUPI"
Newer Post Older Post Home

0 comments: